Total Tayangan Halaman

Kamis, 17 Juli 2014

Segmentasi Bisnis Makanan

Salam pengusaha dan calon pengusaha bisnis makanan…
Yang akan kita bahas kali ini bukan dari sisi pelanggan, akan tetapi dari sisi lain yang mungkin Anda belum memikirkannya
Jika Anda akan menggeluti bisnis makanan, Tahukan Anda bahwa bergerak di bisnis makanan tidak bisa di samaratakan metode dan karakteristiknya, akan tetapi jika Anda mencermatinya, maka Anda akan melihat beberapa kriteria dalam bisnis makanan. Dari beberapa kriteria ini ,Anda bisa menentukan di bisnis makanan yang mana yang ingin dan sedang anda tekuni
Karena didalam bisnis terdapat teori “be more specific” maka kriteria-kriteria ini akan bisa  membantu  Anda untuk mengejawantahkan teori tersebut
Waktu
Yang di maksud dari sisi waktu ini bukan diambil dari berapa lama Anda telah mendirikan bisnis ini. Akan tetapi Bisnis makanan bisa di bedakan dari sisi waktu, yang artinya  meskipun Anda membuka warung /depot dari pagi sampai malam, akan tetapi Anda hanya mempunyai beberapa waktu terbaik dalam penjualan Anda, bisa pagi,siang atau malam hari. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa factor, bisa dari jenis makanan yang Anda sajikan, atau mungkin dari daerah (wilayah) temapat warung Anda berada (dekat kampus, perkantoran atau perumahan)

Dari waktu terbaik yang Anda punya maka sebaiknya Anda berkonsentrasi pada watu tersebut. Gunakan waktu terbaik Anda untuk berjualan, sedangkan sisa waktu lainnya untuk mempersiapkan (persiapan) makanan Anda. Jadi meskipun misalkan Anda hanya berjualan di pagi hari, akan tetapi waktu kerja Anda meliputi juga siang dan sore hari, karena waktu-waktu  tersebut untuk persiapan menu makanan di pagi hari berikutnya, demikian juga jika Anda melakukan penjualan di siang hari saja maupun malam hari saja, maka sisa waktu yang ada untuk mempersiapkan sajian di hari berikutnya
menubuhari
Sebagai ilustrasi , warung atau depot yang ramai di malam hari, belum tentu (atau jarang sekali) juga ramai di pagi hari, demikian juga sebaliknya. Kemungkinan yang ada adalah sebuah warung bisa ramai dari pagi sampai siang hari, atau dari siang sampai malam hari
Malam hari pun masih di bagi menjadi dua waktu,  yaitu malam biasa ( antara jam 07 – sampai jam 11 ) dan malam larut sampai pagi ( jam 11 sampai subuh)
Jadi dari kriteria waktu ini , silahkan Anda pilih, segmentasi Anda , waktu terbaik manakah yang akan Anda ambil.
Spesialisasi makanan
Selain dari segmentasi waktu, bisnis makanan juga bisa di bedakan dari sisi spesialisasi (jenis )makanan . yang dimaksud dengan spesialisai jenis makanan sebagai contohnya adalah warung-warung yang menyediakan hanya satu jenis makanan misal: soto lamongan,steak,pecel madiun, soto banjar,rawon, rujak dan lain-lain. Sedangkan yang tidak bermain di spesialsai jenis makanan biasanya memberi nama warung nya dengan sesuatu yang lebih umum misal warung jawa, warung pak ahmad, warung sudi mampir, warung tegal, warung sambal dan lain-lain
Meskipun Anda sudah mensegmentasikan warung atau depot Anda berdasarkan spesialisai makanan, akan tetapi spesialisi ini masih mempunyai pengkotakan lagi berdasarkan waktu. Ilustrasi dari hal itu adalah sebagai beerikut.
  1. Makanan Spesialisasi pagi hari
Pecel, rawon , urap2
  1. Makanan Spesialisai siang hari
Jarang ada makanan sepseial di siang hari, kalau pun ada bisasnaya adalah fast food dan beberapa makanan berat, soto , rujak , bakso dll
  1. Makanan Spesialisasi malam hari
Steak , chinese food dll

Ada beberapa jenis makanan  yang mempuinyai  life cycle nya panjang misalkan soto
Demikian gambaran dari ilustrasi segmentasi di bisnis makanan , semoga bisa menambah wawasan Anda.
Tidak selalu yang saya sampaikan ini benar, tapi jika Anda melihat rumah makan , depot ,warung di sekitar Anda , pasti Anda akan menemui kriteria ini

Salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar